Pages

Jumat, 13 Juli 2018

menjadi hrd di waroeng kecik.moga menjadi jalanku untuk membeli rumah itu

waroeng kecik akankah menyerah dengan keadaanya saat ini. aku kenal dengan pemiliknya namanya mas fuad. orangnya sangat tenang tetapi pikirannya penuh dengan ide-ide besar. buku-buku tentang ekonomi sepertinya menjadi bacaan wajib dan wajib dia baca dan kemudian dia terapakan dalam menjalankan bisnisnya.

konsep besar yang dia terapkan pada warungnya atau usahanya kadang ditertawakan oleh orang lain.  karena umur dari usahanya tersebut masih waktunya 1 tahun. dan jika dibandingkan dengan para pengusaha kuliner lainya tentu saja usahanya tersebut masih dalam kategori anak yang masih berjalan. ide-ide bisnisnya itu sekarang ini sudah terbukti ampuh karena apa yang dia jual laku di pasarannya tetapi bagaimana dia bisa menggaji karyawannya saat ini. 

dulu dia pernah bekerja dijakarta dan akhirnya resign dan mendirikan usaha laundry. pada awalnya dia bekerja sebagai administrasi kemudian dia mengundurkan diri. dan kerja sama dengan temannya untuk membuka laundry. lapangan pekerjaan yang baru di ciptakan karena dia beranggapan bahwa pekerjaannya sangat mulia dengan memberikan pekerjaan kepada orang lain.

akhirnya dia buka laundry dengan nama sarjana laundry. sebuah konsep bisnis yang mempunyai nilai tambah yaitu bahwa laundry yang dia jalankan adalah laundry yang rama lingkungan tidak menggunakan bahan plastik untuk membungkus laundry mereka. konsekwensinya adalah bahwa harga laundry perkilo yang ia tawarkan lebih mahal daripada laundry - laundry lainnya.

sepertinya ada yang menarik dari cara berpikir pak fuad ini. dia tidak ingin bekerja sendiri untuk memulai usahanya tetapi dia ingin membuat sebuah sistem ketika dia tidak bekerja lagi maka sistem tersebut yang akan berjalan. sebuah pemikiran yang besar dari seorang anak muda. dan sekarang ini setelah belajar untuk menjalankan bisnisnya sendiri. dia sekarang sudah mempunya tiga cabang. tetapi pasti sesuatu yang tumbuh terlalu cepat maka hasilnya juga akan menyakitkan yaitu ada masalah yang tidak bisa diatas yaitu karyawan yang dia milik tidak bisa diajak komitmen untuk memajukan usaha yang dia rintis.

belajar dari kesalahan itu yang menjadi keputusannya untuk dapat menjalankan usahanya dengan baik saat ini. memperbaiki kesalahan terutama dalam pemilihan karyawan. dengan merekrut saya untuk dijadikan hrd dalam perusahaan tersebut. pendekatan yang dilakukan sekarang adalah pendekatan kekeluarga sehingga karyawan dalam bekerja akan merasa betah. produktifitas akan meningkat dengan sendirinya.

buku dan juga pengembangan terus dilakukan walaupun kadang banyak sekali kritikan yang di tujukan kepadanya. tetapi hal itu tidak pernah di pikirkannya. yang penting tetap berusaha dan yang penting adalah orang tersebut mulai bisa mengambil pelajaran dari apa yang telah terjadi di usahanya tersebut.

sistem dan juga management harus diperbaiki dengan berdasarkan pengalaman-pengalaman dan teori modern dan tidak lupa untuk berdoa dan menjadikan pelajaran dari setiap kejadian. dan ada unit khusus untuk mencatat kejadian - kejadian yang nantinya dapat di cari sebuah pola. sehingga kita dapat mengambilnya sebagai sebuah pertimbangan akan keputusannya yang akan diambil. karena keputusan yang baik tidak hanya berdasarkan sebuah intuisi saja tetapi juga berdasarkan data-data yang diperoleh dari sekelilingya 

semoga saja dengan membantu disana . saya dapat andil ataupun saham sehingga nantinya dapat saya gunakan untuk membeli rumah. apapun itu pasti akan saya lakukan jika suatu saat nanti sayapun diberhentikan dari wearnes education center malang.

banyak orang yang lari dari wearnes karena masalah gaji yang tidak sesuai tetapi aku akan berprensip bahwa segala sesuatu bisa dijalankan jika bisa di managemeni dengna baik. tentu ini butuh ilmu yang mendukung untuk dapat menjalankan apa yang saya pikirkan ini. pastinya segala seuatu butuh sebuah proses untuk senantiasa belajar.


0 komentar:

Posting Komentar