Pages

Jumat, 20 Februari 2015

Harus mulai sholat , untuk menyembuhkan penyakit

kesibukan yang banyak tentu . merupakan sebuah tuntutan untuk kita sebagai manusia yang hidup diperkotaan agar kita dapat memberikan nafkah kepada keluarga kita.

ada yang sering kita lupakan dalam keseharian kita . sholat dan ibadah-ibadah lain yang kadang kita lupakan untuk upaya kita mendekatkan diri kepada ALlah swt. 

stress salah satu akibatnya , dari artikel yang telah saya baca dari suatu blog yang membahas tentang pentingnya sholat malam dan kesehatan tubuh . : who menyatakan bahwa penyakit akan timbul jika ada tiga faktor  host-Agent- environment Artinya seseorang akan sakit jika keadaan tubuh sedang ada gangguan, ada agen penyebab penyakit, atau/dan adanya lingkungan yang mendukung pada timbulnya penyakit.

 Teori lama ini kurang memperhatikan factor psikologi sebagai penyebab timbulnya penyakit. Berbeda dengan teori baru yang dikemukakan Prof. Dr. H.M Sholeh Drs.MPD.PNI dalam seminarnya di UNISULA (20 Desember 2008). 

Beliau menyebutkan bahwa etiologi (penyebab) timbulnya penyakit ada lima, yaitu: pola pikir, pola makan, pola laku, pola lingkungan (missal radiasi), serta kehendak Alloh SWT. 

Beliau juga menyebutkan bahwa pada dasarnya sumber dari berbagai penyakit adalah factor ketidakikhlasan dan kesombongan yang bercokol di hati. Orang yang sombong, dengki dan tidak ikhlas cenderung lebih rentan terhadap stress. Sementara itu jika kita stress tubuh kita akan mengeluarkan Hormone cortisol, yaitu suatu hormone yang dihasilkan oleh cortex adrenal (suatu kelenjar yang berada di ginjal bagian atas) dan hanya akan keluar jika kita stress. 

Cortisol akan menyebabkan protein dari berbagai jaringan smidal otot dsb-kecuali protein pada hati dilepaskan untuk kemudian diubah lagi menjadi glukosa. Cortisol yang meningkat menyebabkan penurunan sel-sel makrofag, basofil, ionofil dll dalam tubuh, dimana sel-sel tersebut pada dasarnya berfungsi `memakan` sel-sel abnormal dalam tubuh. Jika sel-sel tadi jumlahnya semakin menurun,

 maka diprediksi apa yang akan terjadi, yaitu peningkatan sel abnormal dalam tubuh yang manifestasi aikhirnya adalah akan timbul suatu penyakit. Secara ringkas, Ganner dalam Biokimia Harper menyatakan bahwa kortisol menekan system imun (pertahanan tubuh) yang menyebabkan seseorang rentan terhadap penyakit.

maka dari itu mulai sekarang marilah kita sholat , dan menjaga sholat kita karena dengan sholat kita bisa sehat dan menjadikan kita lebih iklas dalam menjalani kehidupan ini. 

0 komentar:

Posting Komentar