Pages

Rabu, 16 Februari 2022

Tadarusku yang pertama di masjid nurul huda


 hari ini ada kabar bahwa salah satu dari mahasiswaku di kelas ke1 meninggal dunia, dan namanya adalah nadhifa zulhana rochana. dia sakit lambung dan juga sakit darah rendah, saya takut mendengarkan kabar ini karena saya juga terkena asam lambung, gerd anxiety dan psikosomatik dan mulai dari bulan januari dan awal februari kemarin dadaku sering kali sakit dan di ulu hati juga sering sakit dan kadang ada kedutan dimana-mana

aku sering kali mengikuti kegiatan keagamaan di daerah tempat tinggalku dan aku juga sering kali mendengarkan vidio-vidio motivasi dari orang-orang yang terkena asam lambung , gerd dan axiety serta psikosomatic . semoga saja pak endro hari ini tidak ke kantor sehingga nanti saya bisa cek ke klinik lagi dan bertanya tentang keluhan saya saya sering kali dada terasa panas dan juga kembung. tetapi saya harus yakin sama apa yang telah dikatakan oleh dokter.bahwa saya hanya terkena asam lambung saja. dan tidak terkena penyakit yang berbahaya dan walaupun kadang-kadan aku merasakan kekhawatiran dan sering kali menangis ketika melihat anak-anakku masih kecil saat ini. 

aku sering kali meninggalkan istriku untuk ke masjid dan biasanya saya ke masjid dari jam 18.00 sampai jam 19.30 sehingga itu adalah waktu yang cocok buat saya untuk menenangkan diri, walaupun ketika berangkat perut terasa panas dan daerah ulu hati sangat sakit, tetapi anehnya saya masih enak makan walaupun saya tidak merasakan rasa lapar. hampir tiap hari ketika tidak ada pak endro di kantor saya melihat youtube chanel untuk asam lambung dan biasaya saya suka yang di sampaikan oleh bapak abdul rohman karena apa yang dia rasakan sama dengan apa yang saya rasakan. metodenya sering saya pakai dan untuk itu saya masih bisa tidur dan beraktifitas seperti biasanya walaupun kadang-kadang saya merasakan sakit di lambung dan juga didaerah perut. 

tanggal 12 februari kemarin bertepatan dengan minggu kliwon , di hari minggu itu adalah hari pertama saya bisa melakukan tadarusan sehingga saya bisa berlatih dan juga membuat anak dan istriku bangga. adi sering kali bertanya apakah ayah tidak berdebar-debar ketika harus membaca alqur-an di depan orang banyak dan didengar oleh banyak orang, dan istriku yang biasanya marah-marah kepadaku karena saking lamanya saya di masjid malah sering bertanya ada berapa orang yang tadarusan disana. 

bapak prayit yang merupakan mudin di daerah lingkungan kami langsung memberikan mic tersebut kepada saya . saya tepatnya dapat giliran yang kedua. dan akhirnya dengan suara yang agak bergetar karena saya grogi saya tetap saja membaca alqur-an tersebut, mungkin banyak orang yang tidak tahu kalau saya sering kali melatih diri untuk bisa membaca dengan cepat yaitu ketika di masjid tidak ada pengajian setelah magrib sampai isyak , dan biasnya pada hari - hari bukan hari senin, rabu atau hari jumat. dan saya sering kali mendapatkan ketenangan saat itu karena saya dulu sebelum menikah mencari ketenangan dengan memabukkan diri dengan kegiatan-kegiatan agama. 

aku membaca dan memaksanya agak cepat karena saya ingin sekali segera pulang dan dengan tadarus di situ saya akhirnya kenal banyak orang dan mungkin ini merupakan impianku yang ingin paling tidak dikenal di lingkungan saya bahwa saya adalah orang yang suka melakukan ibadah dan tidak ingin diketahui orang bahwa saya bukan berlatar belakang pondokan dan ini sungguh sangat membuat hati saya senang sehingga asam lambung yang biasanya kumat dipagi hari tidak saya rasakan dan hanya terasa sedikit pegal-pegal di sekita punggung saja dan untuk mengatasinya saya biasanya hanya menekan-nekan saya dan biasanya kalau tidak bisa tidur di malam hari aku sering kali membaca istifar.

pada saat makan di tadarusan saya makan pecel dan juga minum kopi, karena untuk menghormati orang yang memberikan makan ke saya. tetapi efeknya adalah dada terasa sakit dan juga perut terasa melilit ini bisa dijadaikan data bahwa jenis makanan seperti itu harus di jaga, dan harus tetap 3 p yaitu pola makan, pola tidur dan juga pola pikir, pola tidur alhamdulillah sudah saya lakukan tetapi yang susah adalah pola makan karena istri masak untuk seluruh anggota keluarga dan kadang jarang masak untuk keperluan saya selaku orang yang sedang mengalami gangguan asam lambung gerd, dan axiety.

tetapi sambil menjalani pengobatan jalan dan kadang sering ke klinik paling tidak 1 bulan sekali saya masih tetap beraktifitas walaupun kadang sangat takut ketika sensasi itu datang , padahal saya makan yang tidak macam-macam atau mungkin karena pola makan saya yang salah dan kadang-kadang saya langsung tidur ketika selesai makan dan kemarin di tegur oleh dokter untuk tidak langsung tidur ketika makan. dan sebiasa mungkin untuk menghindari kopi murni tetapi kalau kopi sasetan masih bisa menerima lambung saya. 

 




0 komentar:

Posting Komentar