Pages

Selasa, 13 Januari 2015

Berikut ini adalah manfaat olah raga bersepeda

kesehatan sangat mahal, karena kesehatan merupakan modal untuk mencari kehidupan . di samping ilmu pengetahuan dan juga ketrampilan yang kita perlukan. sebaiknya dalam satu minggu marilah kita alokasikan waktu kita barang satu jam ataupun dua jam untuk  bersepeda. 

karena obat-obatan juga sangat mahal karena kesehatan itu wajib kita jaga , dan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tersebut adalah dengan berolah raga. marilah kita teratur dalam berolah raga walaupun jarak yang kita tempuh sangat dekat. di sini yang di perlukan adalah keteraturan kita untuk senantiasa bersepeda

Dengan alasan peduli lingkungan, saat ini banyak bermunculan komunitas penggowes seperti bike to work, bike to campus bahkan bike to school. Bukan hanya itu, pada dasarnya, bersepeda memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Olahraga gowes ini merupakan cara yang efektif dan cukup murah untuk meraih kesehatan yang mahal harganya. Bersepeda tiap hari akan melatih jantung dan paru-paru sehingga kita bisa bernafas lebih panjang. Bersepeda juga melatih banyak otot di antaranya otot tungkai,  lengan, perut, dan punggung.

Masih belum percaya bersepeda membantu kita menjaga kesehatan yang mahal harganya? Rajin mengayuh sepeda membantu mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan menjaga kesehatan tulang punggung juga sendi lutut. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan, bersepeda dalam jarak pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%.
Ini dia manfaat-manfaat yang bisa kita peroleh dengan rajin mengayuh sepeda:

1. Membakar Kalori Tubuh
Berapa banyak kira-kira kalori yang dibakar? Rata-rata bersepeda selama 60 menit setiap hari akan membantu membakar 300-500 kalori tubuh. Lumayan, bukan? Namun, jumlah ini memang tidak sama untuk setiap orang karena tergantung pada berat tubuh dan kelebihan lemak yang dimiliki masing-masing orang.

2. Melatih Otot-Otot Tubuh
Tidak hanya otot kaki, tangan, dan perut, bersepeda juga diyakini dapat melatih otot-otot jantung. Saat berpacu di atas sepeda, denyut jantung turut berpacu sesuai usia dan kayuhan. Satu hal yang perlu dicermati, bagi Anda yang mengidap asma atau penyakit jantung, selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mulai bersepeda.

3. Ajang Relaksasi Tubuh
Banyak yang berpikir, berlatih dan berolahraga membuat tubuh lemas tak berdaya karena kelelahan. Asumsi ini tidak sepenuhnya benar. Berolahraga secara rutin justru membuat tubuh tetap segar bugar. Apalagi, peredaran darah akan semakin lancar sehingga oksigen dapat tersalurkan ke seluruh bagian tubuh dengan efektif. Rasa lelah umumnya muncul saat hari-hari pertama berolahraga saja. Jika sudah rutin bersepeda, otot malah akan semakin kuat dan badan pun segar bugar.

4. Mengatasi Sakit Punggung
Sakit punggung biasanya merupakan efek langsung dari kurangnya berolahraga. Piringan-piringan pada tulang punggung tidak mendapat pasokan nutrisi secara maksimum sehingga kemampuan piringan-piringan tadi menurun dan tidak sanggup menerima beban berat. Bersepeda membantu mengatasi ini, mengembalikan kemampuan piringan-piringan pada tulang punggung dan mengoptimalkan kembali suplai makanan. Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga membantu kerja tulang belakang. Jadi, bersepeda membantu menstabilkan kinerja tulang punggung.

5. Menguatkan Persambungan Tulang Lutut
Nyeri lutut biasanya terjadi karena kerusakan pada tulang rawan. Tekanan berlebih pada lutut misalnya akibat jogging atau badan yang terlalu gemuk akan menghambat atau menolak pasokan nutrisi ke tulang rawan. Akibatnya, tulang rawan menjadi rusak. Awal kerusakan tulang lutut terjadi saat berbagai mineral berharga tidak bisa masuk ke dalamnya. Tulang rawan tidak dialiri darah sehingga mineral-mineral berharga itu tidak bisa masuk. Pergerakan pada persambungan lutut dapat mendorong nutrisi kepada tulang rawan. Dan bersepeda adalah salah satu cara olah raga yang paling sedikit membuat tekanan pada lutut serta cara terbaik untuk menguatkan tulang rawan.

So, jadikan bersepeda / gowes sebagai hobi baru di kala senggang, terutama saat weekend. Olahraga sederhana dan santai untuk tetap menjaga tulang dan sendi yang sehat :)

0 komentar:

Posting Komentar