Pages

Selasa, 06 Januari 2015

Membaca untuk mencari solusi,dari masalah yang ada !!!

tidak ada orang yang terbebas dari masalah ketika hidup di dunia ini, masalah silih berganti, dan kadang masalah yang satu belum selesai , hadir masalah yang lain. kita sepertinya tidak akan pernah bebas dari permsalahan. 

kadar permasalahan dari setiap orang berbeda - beda, tergantung dari tingkat keimanan mereka . dan tentu saja seorang kyai akan punya masalah yang berbeda jika di bandingkan dengan orang-orang yang awam, dan seorang dosen akan juga punya masalah yang tentu saja berbeda dengan orang yang di ajarnya yaitu mahasiswa.

ada beberapa sikap yang sering kali aku amati untuk setiap orang dalam menghadapi permsalah-permasalahan dalam kehidupanya ada yang tidak menganggap itu masalah ketika mereka bisa menahannya , dan mereka terus saja berjalan dan menjalani kehidupan mereka .

berikutnya adalah sikap yang telah agrisif dalam mencari jalan untuk menyelesaikan masalah . dan kadang-kadang jalan keluar yang di lakukannya adalah tidak masuk akal, upamanya adalah ketika orang ingin cepat kaya , mereka tidak bekerja dengan keras tetapi kadang melakukan tindakan yang irasional. contohnya mencari dukun yang dapat menggandakan uang mereka.

karena pasti setiap yang bernyawa pasti ada masalah. kesabaran mutlak di perlukan. dan orang-orang yang berkebutuhan khusus hanya ada dua yang harus di perjuangkan yang pertama ketidaknyamanan dalam suatu hal karena , kita di ciptakan tidak sama dengan orang-orang lain yang sempurna. jika kita pikirkan apakah pantas bagi kita untuk senantiasa mengkritisi dan merasa tidak puas dengan ciptaaan yang Allah berikan kepada kita.

aku tidak tahu, apakah mutu dari diriku semakin menurun saja ketika pertama kali bekerja di sini ataukah aku tidak punya fisi yang bagus. dan kelemahaman fisik yang akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia. kadang yang ku ambil di hikmah ini . kita akan tidak merasa senang jika umur bertambah tetapi amal dan kesholehan kita berkurang .. 

kadang setiap kali ada masalah , aku berpikir akulah yang paling sering kena masalah, dan susah sekali berdamai dengan masalah tersebut. ketika hari ini aku masuk kerja ada temanku yang juga mengajar di wearnes kena masalah. dua orang anaknya masuk rumah sakit. dan sering kali Allah tunjukkan sesuatu kejadian yang menggambarkan bahwa sebenarnya masih banyak orang yang punya masalah lebih berat daripadaku. tetapi herannya mereka  tetap semangat dalam menghadapi kehidupan ini.



0 komentar:

Posting Komentar