Pages

Kamis, 12 Januari 2023

selamat tinggal ibu kami, engkau ibu sambung tapi bagaikan ibu kandung kami..

 Seperti biasanya setiap minggu ke 2 saya sering kali, pergi ke rumah sahabat saya yang juga difabel, di malang ini ada yang namanya rkd (rumah kreatif difabilitas) yang di kelolah oleh bu indri dan juga pak mukrim. ada undangan arisan di sana, dan dimulai dari jam 10.00 pada tanggal 8 januari 2023, aku sangat senang sekali karena dapat bergabung dengan rekan-rekan yang mempunyai kebutuhan khusus dan sering bersharing untuk bisa memberikan kehidupan yang lebih baik kepada anak-anak kami. walaupun kami berbeda dengan rekan-rekan yang lain, tentu saja sebagai manusia kami juga akan mengalami fase tua, menjadi bapak, kakek dan saya berharap bisa menemani anak-anak sampai mereka bisa mandiri.

karena metalku sedikit terganggu karena harus off dari wearnes, waktu itu wearnes adalah satu-satunya sumberku untuk menghidupi anak dan juga istriku. dan beruntung ada orang baik yang bernama pak musa. dan aku di tolong disana dan dipekerjakan disana hampir 1 tahun lamanya. walaupun pada akhirnya pada tanggal 19 september 2022, aku harus berhenti. karena saya dianggap melakukan kesalahan dan harus berhenti. dunia gelap waktu itu dan saya seperti menaggung beban yang sangat berat di satu sisi saya  harus berjuang melawan asam lambungku yang menyebabkan aku punya gangguan kecemasan , dan di sisi lain istriku yang sering mengajak aku untuk berpisah karena kebutuhan kami tidak akan bisa tercukupi jika hanya mengandalkan apa yang mas wike berikan kepada saya. yaitu 1500.0000, hatiku saat itu begitu hancur dan ketika saya pulang dari rumah . aku seperti orang yang linglung sekali.

akhirnya doa istriku terkabul. karena saya dan dia berbagi peran untuk dapat mencukupi kebutuhan kami yaitu istriku mencari penghasilan tambahan dengan menjadi art sedangkan saya menjadi seorang guru privatetan. waktu yang paling meneggangkan adalah ketika harus mengantar istri ke daerah uin, karena dia mempunyai majikan disana dan ketika antar dan jemput lesha tidak bisa ditinggal dan saya minta lesha untuk di depan. hati dag-dig-dug, tetapi itulah peran saat itu yang harus aku lakukan, istri berdoa agar aku diberikan gaji 2500.000 , agar bisa berhenti dari pekerjaan art tersebut dan akhirnya wearnes ada lowongan saya menawarkan diri untuk dapat bekerja disana. walaupun alhamdullilah hanya jadi seorang asdos lagi dengan gaji 2750.000

aku seperti biasanya pergi ke masjid walaupun hatiku tidak di masjid, aku pergi ke masjid walaupun pikiranku kacau balau dan aku hanya menyembunyikan tangisku. tidak ada orang yang tahu bahwa hari itu saya menangis. dan seorang laki-laki yang tangguh itupun harus menangis. aku ceritakan kejadian ini pada ibuku. dan ibuku adalah seorang yang bisa menjadi pendengar yang baik. 

walaupun dalam sakitnya , dia sering kali menawarkan waktunya untuk saya bisa pulang ke kepanjen dan untuk sekedar bercerita, terhadap masalah yang saya hadapi. saya tetap berprasangka baik kepada Tuhan Yang Maha Esa. karena saya orang islam maka Tuhan saya adalah Allah SWT.

tetapi takdir lain telah terjadi ibu yang aku sayangi telah meninggal, dan meninggalkan kenangan yang sangat indah. dan membantu kami untuk tumbuh dengan dewasa. sangat sedih tetapi itulah kenyataan setiap orang pasti juga akan menuju ke alam kami yang ke 4 yaitu alam kubur. semoga ibu bahagia karena sudah ketemu dengan ayahku disana.

di hari sebelum meninggalnya tepatnya tanggal 25 desember 2022 aku pulang, aku melihat ibu tergolek lemah di rancang yang terletak di dapur sambil bilang aku tidak bisa bicara lagi yon.. aku menangis saat itu walaupun air mataku tidak keluar, sosok wanita ini sangat tangguh dan bisa mendampingi ayah selama 13 tahun, dan juga menjadi ibu kami selama 15 tahun. sebuah pengorbanan dari seorang ibu yang baik dan tidak mempunyai anak tetapi di sayangi oleh 3 keluarga sekaligus. 

selamat jalan ibu kami, doa kami selalu bersama mu, dan pasti suatu saat kita akan berkumpul lagi di surga Allah dan di kehidupan alam kubur nanti. dan saya sekarang akan berjuang sungguh-sungguh dan  untuk menjadi Ayah, Suami dan kakek yang baik bagi keturunanku. 

istirahat yang tenang ya bu.. doa anak-anakmu akan selalu di berikan kepadamu dalam setiap sholatku semoga nikmat kubur selantiasa diberikan Allah kepadamu. tidak perlu lagi mengkhawatirkan aku , aku sekarang sudah bekerja di wearnes education center dan doa terbaik untuk wearnes education center semoga mahasiswanya bertambah banyak,sehingga saya bisa berkarya dan mengumpulkan pahala untuk saya bekal nanti. 


0 komentar:

Posting Komentar